This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Tentang Kami

Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) adalah lembaga swadaya untuk pengembangan dakwah dan pendidikan khususnya untuk kalangan mahasiswa dibawah Yayasan Dai Muda Indonesia legal formal SK Kemenkumham No. AHU-0004236. AH.01.12. Tahun 2018 dan Akta Notaris No. 1 /IK/SK/I/2018, NPWP 84.679.430. 3-002.000.

Sebagaimana namanya, Pesmadai berkomitmen menjadi wadah pembinaan yang secara embrional kelak diharapkan melahirkan peserta didik yang tinggi ilmunya, kokoh imannya, meluas amalnya, mulia akhlaknya, cinta negeri serta menjadi perekat ukhuwah.

Mahasiswa Pesmadai memiliki karakter du'at, yakni semangat dakwah sebagai nilai utama yang selalu dijaga. Sebagai dai/ daiyah, ia menjadi suri teladan di lingkungannya dan menyeru kepada kebaikan. Seraya di waktu yang sama, ia tak berhenti bermuhasabah diri untuk menjadi lebih baik.

Program Pesmadai menyelenggarakan kegiatan pendidikan diniyah berasrama dengan empat program unggulan: Tahfidzul Qur'an, Hadits, Bahasa Arab dan Entrepreneuership. Target output diharapkan menguasai beragam keterampilan praktis sebagai bekal menghadapi persaingan global.

Satu di antara amanah konsitutsi negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945. Pemerintah telah berupaya dengan kebijakan dan kewenangan yang dimilikinya.

Akan tetapi, mengharapkan peran pemerintah saja tidaklah cukup. Dibutuhkan kerja kolektif segenap elemen bangsa untuk ikut bergerak dalam dakwah pencerahan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dan, sebagai wujud komitmen dan kesungguhan melibatkan diri dalam program visioner bangsa ini, Pesmadai membuka program pendidikan mahasiswa dai yang dibina di sentra-sentra pendampingan guna mendorong kaum muda tak sekedar cakap secara intelektual, tetapi juga peduli terhadap kondisi bangsa dan negaranya.

Oleh karena itu, kami mengajak segenap kita, kaum muslimin, para dermawan, para pemerhati, para relawan, semua, untuk bisa terlibat dalam program Pesmadai dengan beragam model donasi, seperti beasiswa, biaya konsumsi, fasilitas centra pembinaan, hingga support program penanaman skill dan kemandirian mahasiswa.

Tak penting seberapa banyak yang dapat Anda berikan, yang terpenting adalah niat besar kita, visi mulia kita, sebagai warga negara yang ingin ikut serta membangun bangsa dan negara di masa depan melalui dakwah pendidikan.

Dan, yang tak kalah penting adalah, semua itu kita dedikasikan kepada Allah Ta'ala agar keberkahan hidup dan kemaslahatan bangsa dan negara tetap terjaga.

Melalui Pesmadai, kita songsong masa depan Indonesia yang berperadaban mulia, maju, dan berpengaruh.

Mari bersama, bersinergi membangun masa depan bangsa dan negara melalui pendidikan keagamaan generasi muda di Pesmadai. Semoga dapat menjadi bukti kecintaan kita kepada Ilahi dan NKRI. Aamiin.