This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Pesmadaiyah Gelar Kegiatan Rihlah Ngaji On The Road di Ancol

Pesmadaiyah Gelar Kegiatan Rihlah Ngaji On The Road di Ancol

Mahasantri Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) Distrik Ciputat (Asrama Triguna dan Asrama Lurah Disah) mengukuti kegiatan Ngaji On The Road sekaligus rihlah ke kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Jum'at (5/4/2019).

Dengan diikuti oleh 35 orang mahasiswi Pesmadai, mereka dipimpin langsung oleh para musyrifah (pembimbing) yaitu Ustadzah Munawwarah dan Ustadzah Nur Saidah Munawwarah.

Dalam kesempatan tersebut turut menghadirkan narasumber Ngaji On The Road yakni Direktur Pesmadai Ustadz Ahmad Muzakky.


Pada kesempatan hari itu, perjalanan dilakukan menggunakan bus berangkat dari asrama Pesmadai Legoso Ciputat. Di atas kendaraan, para peserta kemudian memulai kegiatan mengaji dengan menamatkan 30 juz hingga tiba di Ancol.

Selama di kawasan Dufan Ancol, selain berkesempatan menjajal sejumlah wahana hiburan, peserta juga mengikuti beragam kegiatan lainnya, diantaranya sesi muhasabah bertajuk "Reflect on Yourself" dan ngaji on the road.

Direktur Pesmadai Ustadz Ahmad Muzakky dalam kesempatannya Ngaji on The Road itu berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga keistiqomahan dalam belajar, dalam menuntut ilmu, dalam mempelajari dan mengamalkan Al Qur'an dalam keteguhan dalam berdakwah dan mengeratkan ukhuwah.

"Jaga selalu niatnya agar selalu lurus semata mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Niatkan bahwa keberadaan Anda di Pesmadaiyah adalah dalam rangka menggapai ridha Allah sebagai penuntut llmu yang menjaga diri dari berbagai hal yang negatif," kata Ustadz Zakky.

Ustadz Zakky juga mengingatkan bahwa sejatinya menghafalkan Al Qur'an adalah hal yang relatif mudah dimana Allah akan berikan keberkahan kemudahan kepada berikhtiar sungguh-sungguh. Namun, beliau berpesan, yang sulit adalah mempertahankan dan menginternalisasi nilai Al Quran dalam diri dan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan rihlah Ngaji On The Road ini, peserta juga berkesempatan melakukan perjalanan ke laut semenanjung Jakarta khususnya mengitari Pantai Marina. Sambil berlayar, para mahasiswi juga secara berjamaah melakukan murajaah di atas speedboat yang dipimpin oleh musyrifah.

Alhamdulillah, kegiatan Ngaji On The Road ini terselenggara atas dukungan penuh dari Bapak Rully Firmansyah sekeluarga yang telah menanggung semua keperluan kegiatan tersebut mulai dari armada transportasi, konsumsi dan bea selama kegiatan di Dufan Ancol.

Semoga Allah SWT memberikan selalu kesehatan dan keberkahan kepada beliau sekeluarga. Dan kepada para mahasiswi Pesmadai/ Pesmadaiyah selalu teguh di jalan kebaikan dalam rangka menuntut ilmu di jalan Allah SWT untuk kebaikan dunia akhirat. Aaamiin.

NENENG SETIANAH